WhatsApp Menampilkan Tab Komunitas Apa Gunanya?

– WhatsApp resmi meluncurkan fitur tab komunitas di aplikasinya. Fitur tab komunitas WhatsApp telah diluncurkan di seluruh dunia dan secara bertahap tersedia untuk banyak pengguna di Indonesia.

Pengembangan fitur komunitas sudah diumumkan oleh WhatsApp sejak April lalu. Saat itu, WhatsApp juga sedikit menjelaskan tentang fitur komunitas.

Menurut WhatsApp, fitur tersebut telah diuji coba di 15 negara, termasuk Indonesia, dengan 50 organisasi. Setelah melalui masa pengujian di beberapa negara, fitur komunitas akhirnya dirilis pada bulan November.

Namun, ketersediaannya tidak merata karena penerapannya dilakukan secara bertahap.

Apa itu tab Komunitas di WhatsApp?

Fitur Komunitas atau Komunitas WA adalah kemampuan untuk menautkan beberapa grup WhatsApp dengan minat atau topik terkait ke dalam satu grup besar.

Dengan kata lain, tab Komunitas di WhatsApp adalah grup besar dengan grup kecil, baik itu grup yang baru dibuat di komunitas itu sendiri atau grup WA yang sudah ada.

Bahkan jika mereka digabungkan menjadi kelompok yang lebih besar, setiap anggota masyarakat akan tetap termasuk dalam kelompok kecil mereka sendiri. Oleh karena itu, mereka tidak harus termasuk dalam subkelompok yang berbeda.

Misalnya, grup orang tua antar sekolah, atau sekelompok karyawan lintas departemen digabungkan menjadi satu grup sekolah besar, atau komunitas WhatsApp.

Karyawan SDM tidak bergabung dengan grup karyawan Departemen Penjualan, meskipun mereka adalah bagian dari komunitas di WhatsApp.

Di sisi lain, format komunikasi dalam komunitas WhatsApp biasanya satu arah, karena hanya admin yang dapat mengirim pesan. Anggota komunitas hanya berfungsi sebagai penonton.

Berdasarkan konsep tersebut, fitur tab Komunitas WhatsApp berguna untuk memudahkan pengelola atau pengelola grup memposting informasi dengan memposting informasi di satu tempat tanpa harus mengirimkan informasi yang sama ke semua grup kecil.

Baca juga  Spesifikasi - Harga IPhone SE 3 2022 Indonesia, IPhone High-end Murah

Demo WhatsApp dari Fitur Komunitas WhatsApp

Sementara itu, anggota dapat mengikuti pengumuman komunitas dengan mendiskusikannya dengan anggota kelompok kecil lainnya.

WhatsApp mengutip KompasTekno di situs web perusahaan, “pengelola komunitas dapat mengirim iklan untuk menyampaikan pembaruan penting kepada anggota.

“Anggota menerima informasi terkini yang dikirim ke seluruh komunitas dan dapat dengan mudah membentuk kelompok diskusi kecil berdasarkan kelompok minat.”

Seperti yang disebutkan www.kultural.id, anggota tidak memiliki opsi untuk membalas pesan dari pengelola atau membalas dengan emoticon seperti di grup WhatsApp. Selain itu, anggota tidak dapat melihat detail peserta yang terhubung dalam komunitas.

Namun, anggota dapat melihat daftar kelompok kecil yang merupakan bagian dari komunitas. Jika Anda mengklik Grup Kecil, Anda dapat menghubungi manajer grup dan meminta izin untuk bergabung dengan grup atau meminta izin.

Pengguna dapat secara manual meninggalkan forum jika mereka merasa tidak nyaman atau tidak tertarik dengan komunitas. Praktik ini sama ketika pengguna meninggalkan grup WhatsApp.

Saat pengguna memilih untuk keluar dari komunitas, mereka meninggalkan komunitas alih-alih langsung meninggalkan grup aslinya.

Dari segi desain, tampilan tab Komunitas identik dengan tampilan grup WhatsApp. Administrator dan anggota dapat melihat nama komunitas, deskripsi, dan jumlah peserta.

Khusus untuk admin, Anda dapat melihat detail anggota yang tergabung dalam komunitas, menambah peserta, menambahkan hingga 20 admin, dan mengelola komunitas.

Fitur tab komunitas ditunjukkan dengan ikon orang tiga huruf. Di WhatsApp versi seluler, tab Komunitas terletak di sisi kiri layar beranda atau di samping tab Obrolan.

Sementara di WhatsApp versi web dan desktop, tab Komunitas berada di bagian atas daftar obrolan bersama dengan status, profil, dan ikon lainnya.

Baca juga  Cara Membuat Stiker WhatsApp Di Web & Aplikasi

/Lely Maulida Fitur Komunitas WhatsApp

Saat fitur tab komunitas diluncurkan secara global, whatsapp aero juga merilis tiga fitur baru, di antaranya fitur voting, panggilan video hingga 32 pengguna, dan dukungan penambahan anggota grup untuk 1024 pengguna.

Fitur bernama WhatsApp ini berguna untuk mendukung komunikasi grup, terutama kapasitas dan jangkauan komunitas yang besar.

WhatsApp mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterima oleh Techno: “Kami juga telah meluncurkan pemungutan suara obrolan, panggilan video hingga 32 orang, kemampuan untuk membuat grup dengan hingga 1.024 pengguna, dan tiga fitur lain yang akan disukai pengguna.” Rabu. (9/09) 11/2022).

WhatsApp melanjutkan dengan mengatakan “Seperti reaksi emoji, berbagi file besar, dan menghapus pesan admin, fitur ini dapat digunakan oleh grup mana pun, tetapi akan sangat berguna bagi komunitas.”

WhatsApp mengatakan di situsnya akan menambahkan kontrol admin dengan memberikan fitur komunitas seperti umpan balik, berbagi file, dan panggilan suara dengan lebih banyak peserta.

Jadi, di masa mendatang, anggota komunitas akan dapat menanggapi pesan manajer Anda, meskipun mereka hanya menggunakan reaksi emoji. Dukungan fitur voting juga memungkinkan anggota untuk memberikan umpan balik.

Oleh karena itu, bentuk komunikasi dalam masyarakat dapat bersifat dua arah daripada bentuk saat ini.

Sayangnya, kita belum tahu kapan fitur ini akan melengkapi komunitas WhatsApp, termasuk Indonesia.

You May Also Like

About the Author: Denok Safitri