Benarkah Screenshot Instagram Bisa Ditemukan?

Instagram memungkinkan pengguna untuk melihat foto dan video yang dibagikan oleh pengguna lain di feed mereka, Instagram Stories (IG Stories), gulungan, atau pesan langsung.

Ada kalanya seorang pengguna ingin mengambil tangkapan layar atau screenshot (SS) dari foto atau video yang dibagikan oleh pengguna lain.

Misalnya, pengguna mungkin ingin mengambil tangkapan layar dari kisah Instagram teman dengan ucapan selamat ulang tahun. Atau tangkapan layar resep yang diposting seseorang untuk Anda buat nanti.

Nah, pertanyaan yang diajukan banyak pengguna adalah bisakah Anda mengambil tangkapan layar Instagram? Benarkah notifikasi dikirimkan ke pemilik konten saat orang lain mengambil screenshot konten?

Ambil tangkapan layar cerita, umpan, dan gulungan IG tanpa ada yang tahu.

Dalam pengalaman KompasTekno, screenshot dari Instagram Stories (publik dan teman dekat) tidak disertai notifikasi. Demikian pula, ketika pengguna mengambil tangkapan layar dari posting dan umpan Reel.

Pemilik pos tidak akan diberi tahu bahwa seseorang mengambil tangkapan layar dari kisah, umpan, atau gulungan Instagram mereka. Artinya pengguna dapat mengambil postingan orang lain tanpa mengetahui pemilik foto/video tersebut.

Ini dikonfirmasi oleh laporan oleh outlet media Business Insider. Menurut Insider, saat ini Instagram tidak memberi tahu pengguna ketika seseorang mengambil tangkapan layar dari cerita Instagram. Di masa lalu, Instagram punya banyak waktu untuk menerapkan kebijakan ini sebelum dicabut secara permanen.

Meskipun tidak digunakan lagi, kebijakan pemberitahuan tangkapan layar Instagram dapat berubah seiring waktu. Jadi ada baiknya untuk memeriksa ulang sebelum mengambil tangkapan layar.

Tangkap foto atau video yang dapat diambil dengan DM

Tanpa pemberitahuan tangkapan layar di IG Stories, feed, dan reel, itu cerita yang berbeda dari pesan langsung (DM) Instagram.

Baca juga  IndiHome Gelar Turnamen ESports Berhadiah Uang Tunai Rp 100 Juta

Instagram DM memungkinkan pengguna untuk mengobrol dan mengirim foto dan video. Pengguna dapat mengirim foto/video melalui kamera bawaan Instagram di pojok kiri bawah layar DM Instagram.

/Galuh Putri Riyanto Gambar notifikasi Instagram jika penerima foto/video diambil satu kali di DM Instagram Ada tiga opsi untuk mengirim video DM Instagram dan foto dari kamera Instagram.

Pengguna kini diberi tahu saat penerima mengambil foto/video yang dikirim menggunakan opsi “lihat sekali”.

Pengalaman KompasTekno menunjukkan bahwa pemberitahuan tangkapan layar misalnya Ambil “( ‘… ‘ nama akun untuk tangkapan layar) dikirim oleh Anda Tangkapan layar dari image “(Silakan ambil screenshot dari gambar yang dikirim oleh ‘…’ dan kirimkan), seperti di atas.

Selebihnya, percakapan di DM Instagram atau foto/video yang dikirim tanpa opsi “lihat sekali” bebas screenshot oleh pengguna Instagram, seperti yang dikumpulkan KompasTekno Business Insider, Kamis (25/8/2022).

Tangkapan layar bebas untuk diambil, tetapi pengguna harus bijaksana saat mengambil tangkapan layar dari posting orang lain. Khususnya, dalam hal berbagi atau mendistribusikan ulang, pastikan untuk mendapatkan izin dari pemilik artikel asli.

Baca Juga:

You May Also Like

About the Author: Denok Safitri