Wisatawan Australia Diharuskan Membuang Sepatunya Saat Meninggalkan Bali

Berita terhangat di detikTravel kemarin adalah kisah turis Australia yang harus melepas sepatu setelah liburan di Bali, Indonesia. Apa alasannya?

Bali sudah menjadi tujuan liburan favorit bagi warga Australia. Namun, setiap orang yang kembali dari Bali sekarang diharuskan melepas sepatu mereka sebelum memasuki negara tersebut.

Menurut laporan News Australia, kebijakan baru itu diberlakukan karena adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak di Indonesia. Ini adalah langkah keamanan baru di Australia.

Gesek untuk melanjutkan konten.

Wakil Perdana Menteri NSW Paul Toole berkata, “Saya tahu PMK belum pernah sedekat ini dengan negara kita. Sekarang PMK ada di depan pintu kita lagi.”

Apa hubungannya dengan sepatu?

Penyakit mulut dan kuku dapat ditularkan dari sapi dan ternak lainnya melalui kotoran ternak. Dengan kata lain, ada risiko penyebaran melalui sepatu turis yang terkontaminasi di Bali.

Wabah penyakit mulut dan kuku terjadi di Australia, tetapi telah lama menghilang. Ini adalah wabah pertama penyakit mulut dan kuku di Australia dalam 130 tahun.

Jika ini terjadi, pemerintah Australia harus memusnahkan ternak secara massal. Tindakan itu akan menelan biaya hingga $80 miliar dan menghabiskan anggaran negara selama satu tahun.

Oleh karena itu, Toole menghimbau para pelancong untuk mendukung transportasi yang aman tanpa menyesal di kemudian hari. Ia juga memohon kepada warga yang kembali dari Bali untuk meninggalkan sepatunya.

Berikut 10 link teratas berita detikTravel kemarin:

Baca juga  Sony Dan Western Digital Resmi Luncurkan SSD Khusus PlayStation 5

You May Also Like

About the Author: Denok Safitri