Waze Menutup Carpool Karena Kurangnya Penumpang

Jakarta – Waze memutuskan untuk menutup aplikasi Carpool milik bocah 6 tahun itu. Alasan penangguhan karena tidak ada penumpang akibat virus COVID-19 yang jarang bepergian.

Carpool sendiri adalah aplikasi ride-sharing yang memungkinkan setiap pengguna Waze untuk berkendara bersama jika rute mereka searah.

Pada Senin (29/8/2022), dikutip dari laman Engadget, perusahaan dijadwalkan mulai mengakhiri layanan pada September 2022 di Amerika Serikat (AS), Brasil, dan Israel.

Aplikasi Carpool populer di kalangan wisatawan yang menawarkan program kemitraan yang dapat ditawarkan perusahaan sebagai sarana transportasi bagi pekerjanya.

Pengemudi Waze Carpool dibayar gaji (hingga 54 sen per mil) untuk menjemput penumpang tetap ke dan dari tempat kerja.

Alih-alih menggunakannya sebagai sarana untuk mendapatkan uang ekstra, sebagian besar pengemudi carpool menggunakannya untuk menghemat bahan bakar.

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada Verge, Waze mengatakan: “Sebelum Covid-19, Waze pada dasarnya adalah aplikasi perjalanan, tetapi hari ini rasio tugas untuk bepergian telah melampaui kecepatan perjalanan.

Selama pandemi, popularitas carpooling menurun karena lahirnya tren bekerja di rumah dan tindakan pencegahan keselamatan.

The Washington Post menulis: “Meskipun lebih banyak orang telah kembali bekerja tahun ini, minat pada carpooling Waze dan transportasi umum belum kembali ke tingkat sebelum pandemi.”

Navigasi Waze kini terintegrasi dengan Apple Music. Fitur ini akan tersedia 5 tahun setelah aplikasi Waze terhubung ke Spotify.

Dengan mengintegrasikan Waze dengan Apple Music, pelanggan Apple Music dapat mengakses konten favorit mereka melalui Waze.

Mengutip tren digital (26 Mei 2022), pemutar musik Waze memungkinkan pengguna terhubung ke layanan streaming favorit mereka. Ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol musik di Waze tanpa meninggalkan aplikasi dan berhenti mengemudi.

Baca juga  Benarkah Screenshot Instagram Bisa Ditemukan?

Informasi tersebut diunggah Waze melalui cuitan di akun Twitter miliknya. Waze juga mengunggah video yang menjelaskan bagaimana pengguna iPhone dapat menggunakan Apple Music dalam aplikasi Jelajahi Google.

“Mulai hari ini, Apple Music akan berintegrasi mulus dengan Waze, memungkinkan pengguna menikmati streaming sambil mengemudi dengan nyaman,” kata Google dalam blog perusahaan.

Google juga mengatakan bahwa kedua aplikasi tersebut terhubung secara langsung, memungkinkan pengguna untuk mengakses lagu dari Apple Music melalui pemutar musik Waze.

Dalam iklan tersebut, Google menyatakan: “Lebih dari 90 juta lagu, puluhan ribu daftar putar yang dikuratori, Apple Music Radio, dan lainnya saat bepergian. Kami bekerja sama dengan Apple Music untuk membawa pelanggan Apple Music ke Waze di iPhone.”

Nantinya, Waze akan otomatis mendeteksi aplikasi musik yang kompatibel di perangkat Anda. Selanjutnya, Waze akan menampilkan ikon pemutar musik di folder tersebut. Jika pengguna tidak dapat melihat ikon, pastikan pengguna telah mengaktifkan ikon dengan membuka Waze Saya, mengetuk Setelan, memilih Pemutar Audio, lalu mencentang Pemutar Audio.

Selain Apple Music dan Spotify, Waze Music Player juga dapat berintegrasi dengan Amazon Music, Deezer, iHeartRadio, Pandora, dan YouTube Music.

Selain itu, Apple Music telah mengurangi masa uji coba gratis atau free trial menjadi hanya satu bulan dari tiga bulan sebelumnya. Menurut kutipan dari Macrumors pada hari Senin, 2 Juli 2022, perubahan ini pertama kali dipublikasikan di blog Jepang Mac Otakara.

Apple Music diketahui hanya menawarkan uji coba gratis selama satu bulan kepada pelanggan baru di AS, Australia, Inggris, Jepang, dan negara lainnya.

Menurut pantauan Tekno Liputan6.com di laman Apple Music, masa uji coba gratis untuk pelanggan baru di Indonesia juga hanya satu bulan, dan satu paket berlangganan dikenakan biaya Rp 49.000 per bulan.

Baca juga  IndiHome Gelar Turnamen ESports Berhadiah Uang Tunai Rp 100 Juta

Namun, menurut 9to5Mac, Apple masih menawarkan enam bulan gratis musik streaming Apple Music kepada pemilik perangkat audio yang memenuhi syarat.

Perangkat Apple ini adalah AirPods Pro, AirPods generasi ke-2 dan ke-3, AirPods Max, HomePod, HomePod mini, Beats Fit Pro, Beats Studio Buds, Powerbeats, Powerbeats Pro, atau Beats Solo Pro.

Apple menulis: “Pastikan iPhone atau iPad Anda menjalankan iOS atau iPadOS versi terbaru. Ini akan memungkinkan Anda mengaktifkan Apple Music beta setelah memasangkan iPhone atau iPad dengan perangkat audio Anda.”

“Kupon berlaku selama 3 bulan setelah aktivasi awal perangkat yang memenuhi syarat.”

AirPods generasi pertama, Beats Solo3 Wireless, Beats Studio3 Wireless, Beats EP, dan Beats Flex tidak tersedia.

Sejak diluncurkan pada tahun 2015, Apple Music telah menawarkan kepada pengguna baru masa percobaan tiga bulan sebelum mengubah masa percobaan gratis menjadi satu bulan.

Beberapa menganggap ini adalah strategi Apple untuk bersaing dengan platform streaming lain seperti Spotify, yang menawarkan masa percobaan satu bulan untuk paket premiumnya.

Namun, di beberapa negara dan Amerika Serikat, Spotify menawarkan uji coba dua bulan dengan periode promosi terbatas. Kami juga menawarkan uji coba gratis selama 3 bulan kepada pelanggan baru yang mendaftar ke PayPal.

Baca Juga:

You May Also Like

About the Author: Denok Safitri