Pohon Pisang Sebenarnya, Pohon Pisang Sebenarnya Bukan Pohon, Dan Inilah Alasannya!

Tahukah si pemulung bahwa pohon pisang sebenarnya bukan pohon? Ternyata, pisang sebenarnya merupakan salah satu jenis tanaman herba yang mirip mint, berkerabat dekat dengan jahe.

Nyatanya, siapa di antara kita yang tidak tahu seperti apa bentuk pohon pisang? Pohon pisang, dikutip Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yogyakarta, dapat ditemukan di semua negara di Asia Tenggara yang ditanami pisang.

Dari Asia Tenggara, pohon pisang menyebar ke Afrika, tepatnya Madagaskar, serta Amerika Tengah dan Selatan.

Saat Anda membuka halaman Science ABC, tanaman dikelompokkan menjadi tiga jenis: pohon, semak, dan herba.

Pohon adalah tanaman dengan batang kayu tebal yang penuh dengan lignin atau zat berkayu. Batang pohon dapat bercabang menjadi banyak cabang. Beberapa pohon bisa tumbuh sangat tinggi sehingga seseorang merasa kecil saat berdiri di sampingnya.

Semak, di sisi lain, memiliki struktur yang berlawanan dengan pohon. Semak tidak memiliki satu pun batang yang kuat. Batangnya keras dan tebal, tetapi batang semak kekurangan lignin dan tidak berkayu.

Di sisi lain, tanaman herba adalah tanaman halus dan lunak yang tidak memiliki sifat berkayu dan tidak dapat tumbuh sebagai tanaman semusim atau tanaman keras.

Jadi mengapa pohon pisang tidak bisa disebut pohon?

Alasan utama mengapa pohon pisang tidak termasuk jenis pohon adalah anatomi batangnya. Pada pohon pisang, tanamannya bahkan tidak bisa disebut batang.

Pohon memiliki batang yang keras dan keras, dan batang tersebut ditutupi dengan kulit kayu. Sedangkan batang pisang relatif lunak, kurang selulosa, hemiselulosa, dan lignin, komponen yang membuat batang berkayu.

Bagian tanaman pisang yang disebut batang adalah seikat pelepah daun yang diapit oleh gulungan yang dililit rapat. Bagian ini tumbuh ke atas dan ketika dewasa menghasilkan bunga dan buah.

Baca juga  Penting Untuk Melindungi Kulit Anda Dari Paparan Sinar UV Karena Dapat Menyebabkan Kanker.

Perbedaan lain antara pohon pisang dan pohon lain berkaitan dengan akarnya. Tanaman pisang memiliki tuberkel, akar khusus yang tumbuh di bawah tanah dan membentuk batang semu.

Meskipun tanaman pisang bukan milik spesies pohon, itu adalah salah satu tanaman herba terbesar di planet ini.

Anatomi yang menjadikan tanaman pisang sebagai varietas herba adalah batangnya yang anggun berwarna hijau berair, atau disebut juga batang berdaging yang diadaptasi dari acara TV.

Kesimpulannya, pohon pisang bukanlah pohon karena tidak memiliki semua ciri anatomi pohon. Namun, pohon pisang memenuhi ciri-ciri pohon hanya pada tingginya saja. Nah, berikut adalah fakta-fakta tentang pohon pisang. Apakah Anda tahu lebih banyak tentang alat deteksi?

Red more

You May Also Like

About the Author: Denok Safitri