Berbagai Penipuan Tersebar Di WhatsApp, Mulai Dari Kenaikan Harga BBM Hingga Pembayaran Subsidi

Jakarta- Penipuan menyebar di banyak platform digital, salah satunya melalui aplikasi chat WhatsApp. Anda harus memperhatikan kondisi ini agar Anda tidak percaya dengan informasi palsu.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri segala hal mulai dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga subsidi dan giveaway untuk memudahkan menemukan kebohongan di WhatsApp.

Berikut adalah serangkaian trik yang beredar di WhatsApp.

Tips mengisi bahan bakar saat harga naik

Cek Fakta Liputan6.com telah menemukan informasi tentang cara mengatasi pengisian bahan bakar saat harga naik. Kabar tersebut beredar di aplikasi chat WhatsApp.

Baca juga:

Di bawah ini adalah tips cara mengatasi pengisian bahan bakar saat harga naik.

“Tips / Menghadapi harga BBM yang tinggi:

1. Jangan mengisi bahan bakar di siang hari. Ini karena minyak + angin, uap udara dihasilkan. Karena semua SPBU memiliki tangki penyimpanan di bawah tanah

2. Jangan membeli dengan harga token yang sama. Hal ini dikonfirmasi oleh petugas SPBU yang menekan tombol di sebelah nomor (misal F1, F2, F3, F4, F5 Atan P1, P2, P3, P4, P5), dimana tombol F atau P dibeli oleh pemilik SPBU pada nilai nominal pribadi Sebelum melakukannya, atur liter yang salah (misalnya 102.000, 205.000, atau 52.000 liter untuk ditulis oleh petugas dengan tangan).

3. Beli bahan bakar sebelum matahari terbit di pagi hari, atau di malam hari atau saat hujan. Dan ini harus menjadi berat minyak yang kita dapatkan dari selang.

Semoga ini bisa membantu teman-teman semua.”

Apakah informasi tersebut benar tentang apa yang harus dilakukan saat mengisi bahan bakar saat harga tinggi? Simak hasil pencarian Liputan6.com untuk mengetahui faktanya di sini.

Cek Fakta Liputan6.com menemukan klaim terkait kenaikan harga Pertalite, Pertamax dan solar per 1 September 2022. Kabar tersebut beredar melalui aplikasi chat WhatsApp.

Klaim Kenaikan Harga Pertalite, Pertamax dan Solar per 1 September 2022 (berupa screenshot tabel dengan tulisan “HARGA BAHAN BAKAR 01 September 2022”)

Tabel tersebut mencantumkan harga lama dan baru untuk Pertalite, Pertamax dan solar sebagai berikut:

Benarkah klaim kenaikan harga Pertalite, Pertamax, dan solar per 1 September 2022? Cek pencarian verifikasi informasi di Liputan6.com.

Cek Fakta Liputan6.com menemukan klaim bahwa RS Gatot Subroto menawarkan pengobatan tumor ganas tanpa operasi atau kemoterapi. Kabar ini disebarkan melalui aplikasi chat WhatsApp.

Argumentasi RS Gadot Subroto mengobati tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi adalah sebagai berikut.

“Kawan 2 …..

RS Gadot Subroto Jakarta punya pengobatan tumor/kanker ganas PENYEMBUHAN SEL Kanker stadium 4 sembuh, tanpa operasi, tanpa kemoterapi…

Peralatan tersebut disubsidi oleh pemerintah Jerman.

Teknologi ini hanya tersedia di Jerman dan Indonesia.

Bagi mereka yang sedang berjuang melawan kanker dan memiliki saudara atau teman yang tidak lagi memiliki uang.

Miracle Hope Foundation ingin membantu menyembuhkan semua jenis pasien kanker. Menyediakan data darah dan obat gratis.

Silakan isi informasi Anda

* nomor :

* Tabuk:

Jenis kanker:

*Surat Keterangan Tidak Mampu RT, RW setempat

* Karim Email: Fani.ferdiani@yahoo.com PIN 23823ADB

Tolong bantu streaming kalo bisa…

Mungkin ada yang sangat membutuhkannya.

#1 Hari #1 Kebaikan

#Share…bagi yang membutuhkan.

Bagikan dengan grup lain.

Benarkah RS Gato Subroto mengklaim bisa mengobati tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi? Cek Hasil Pencarian Liputan6.com Lihat faktanya di halaman selanjutnya.

FACT CHECK Liputan6.com menemukan informasi bahwa PT Pertamina (Persero) menyalurkan subsidi energi pemerintah sebesar Rs 3 juta pada 4 September 2022. Kabar ini dibagikan melalui aplikasi chat WhatsApp.

Informasi Pertamina menyalurkan subsidi energi pemerintah sebesar Rs 3 juta pada tanggal 4 September 2022 dalam bentuk link berikut:

Mengklik tautan akan membawa Anda ke halaman web dengan teks berikut:

“ūüéČ PEMERINTAH PERTAMINA UNTUK DUKUNGAN ENERGI 4 SEPTEMBER 2022

akhir kita!

Energi Pemerintah Dukung Pertamina!

Anda akan memiliki kesempatan untuk memenangkan 3.000.000 rupee melalui survei. “

Memerangi kecurangan itu seperti melawan kecurangan. Hal inilah yang melatarbelakangi dibukanya kanal Fact Check di tahun 2018 ini, dan hingga saat ini kami aktif berupaya memberikan budaya media kepada masyarakat luas.

Fact Check Liputan6.com bergabung dengan International Fact-Checking Network (IFCN) pada 2 Juli 2018 dan menjadi partner Facebook. Kami juga merupakan bagian dari inisiatif Cekfact.com. Kerjasama dengan partai politik manapun tidak mempengaruhi independensi kita.

Jika Anda memiliki informasi tentang penipuan yang ingin Anda selidiki dan verifikasi, silakan kirim email ke Cekfact.liputan6@kly.id.

Ingin jawaban yang lebih cepat? Untuk berita, hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 atau hubungi 0811-9787-670 atau klik link berikut:

About the Author: Denok Safitri