Apa Itu TikTok Now Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

TikTok Now diluncurkan di seluruh dunia pada pertengahan September. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia di AS. Fitur ini sekarang tersedia untuk pengujian di luar AS, termasuk Indonesia.

Namun, ada perbedaan antara Tik Tok Now AS dan versi global. Di AS, fitur ini terintegrasi dengan aplikasi TikTok asli. Sementara itu, TikTok Now global tersedia sebagai aplikasi terpisah dari aplikasi TikTok utama.

Yang mudah adalah pengguna TikTok Now global harus mengunduh aplikasi TikTok Now secara mandiri. Seperti diberitakan KompasTekno, aplikasi tersebut bisa diunduh dari Google Playstore (Android) dan App Store (iOS) resmi.

Jadi, apa sebenarnya TikTok Now dan bagaimana cara menggunakannya?

Apa itu TikTok sekarang?

TikTok Now adalah fitur baru yang mengajak pengguna TikTok untuk secara otomatis membuat status foto atau video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Fitur ini mirip dengan media sosial BeReal. Dengan mengambil foto langsung dari kamera depan dan belakang, pengguna diharapkan dapat memamerkan ekspresi mereka tanpa rekayasa.

Pengguna memiliki waktu terbatas untuk membuat kasus. Berdasarkan pengalaman KompasTekno dengan aplikasi ini, pengguna hanya memiliki waktu 3 menit untuk mengambil foto/video.

Di sisi lain, jika status unggahan adalah video, pengguna hanya dapat merekam hingga 10 detik. Foto/video yang diambil tidak dapat diedit/difilter.

Baca Juga:

Tangkapan layar dari TikTok Now (/Caroline Saskia Tanotto) Jika foto/video yang diambil tidak sesuai dengan keinginan, pengguna dapat menggunakan kesempatan “retake” untuk mengambil kembali foto/video klip yang diambil.

Namun, jika waktu yang disetel kurang dari 10 detik, ponsel Anda akan bergetar untuk mengingatkan Anda tentang waktu yang diperlukan untuk menurunkan atau menurunkan status.

Baca juga  5 Fitur Premium YouTube Yang Tidak Dapat Dinikmati Pengguna Gratis

Setelah status diposting, pengguna tidak dapat menghapusnya. Mencoba ini seperti ingin “menguntit” pengguna dari waktu ke waktu saat membuat kasing.

Fitur ini sangat mirip dengan BeReal, aplikasi media sosial Prancis. Pasalnya, aplikasi tersebut mengajak pengguna untuk mengambil foto/video secara bersamaan melalui kamera depan dan belakang dalam waktu 2 menit.

Selain perbedaan durasi, kemampuan BeReal untuk mengambil gambar secara langsung dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Sementara itu, TikTok Now memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dari kamera belakang terlebih dahulu. Setelah itu, kamera depan baru menyala dan mengambil gambar dalam 3 detik.

Pengguna yang berusia di atas 18 tahun dapat mengunggah konten ini ke halaman navigasi.

Namun, seperti dilansir KompasTekno dari Android Authority (28 September 2022), hanya pengguna berusia antara 13 dan 15 tahun yang dapat mengunggah status ke orang yang mereka ikuti.

Cara menggunakan TikTok sekarang

Sebelum menggunakan fitur ini, pengguna harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi “TikTok Now” dari Google Playstore (Android) atau App Store (iOS) resmi. Kemudian tinjau langkah-langkah di bawah ini setelah pengunduhan aplikasi selesai.

You May Also Like

About the Author: Denok Safitri